5 PILAR DIABETES


 

Tim Pengabdian PSIK FKIK UMY berkolaborasi dengan Bidang Keperawatan RS PKU Gamping mengembangkan program edukasi multimedia untuk pasien DM.

Tim pengabdian PSIK FKIK UMY yang diwakili oleh Novita Kurnia Sari, S.Kep., Ns., M.Kep telah selesai mengembangkan edukasi multimedia untuk pasien DM. Ide ini muncul karena semua aktivitas pasien DM yang tergabung pada Persadia RS PKU Muhammadiyah Gamping berhenti total sejak pandemi. Hal ini menyebabkan semua program terhenti termasuk program edukasi untuk pasien. Oleh karenanya dibuatlah edukasi multimedia ini sebagai jawaban atas permasalahan yang ada.

Program edukasi berupa video tentang Lima Pilar Penanganan DM dan Senam Kaki untuk Pasien DM. Video ini diintegrasikan pada aplikasi Electronic Discharge Planning (EDP) yang telah ada sebelumnya. Aplikasi ini dapat diunduh bebas di play store. Pasien maupun keluarga pasien dapat mengaksesnya dari mana saja. Sehingga walaupun pasien tidak mendapatkan edukasi secara langsung, namun dapat digantikan oleh panduan perawatan pasien DM di rumah yang berupa video.

Eny Hernani, S.Kep., Ns., M.Kep selaku Manajer Keperawatan RS PKU Muhammadiyah Gamping menyampaikan terima kasih atas penambahan fitur edukasi untuk pasien DM pada aplikasi EDP. Manfaat ini akan sangat dirasakan tidak hanya untuk pasien dan keluarga namun juga untuk perawat. Pasien dan keluarga tentu merasa terbantu karena ada panduan yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan di rumah. Sedangkan perawat sangat terfasilitasi karena ada media edukasi yang menarik. Eny Hernani berharap Kerjasama ini dapat terus berlangsung sehingga banyak inovasi-inovasi baru yang hadir untuk peningkatan pelayanan keperawatan.