HOLISTIC HEALTH CARE RS PKU Muhammadiyah Gamping


   Holistic health care adalah upaya penyembuhan bagi pasien yang memperhatikan aspek psikologis dan spiritualitas pasien (disamping aspek medis/fisik) yang dilakukan sebagai wujud pelayanan kesehatan yang holistic (khafah) yang meliputi aspek fisik, social, psikologi dan spiritual.(Majelis Tabligh dan majelis pelayanan kesehatan Umum, 2015).Holistic health care dapat diterapkan di lingkup rumah sakit. Salah satu rumah sakit yang sudah menerapkan holistic health care yaitu Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Gamping.

   Rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping adalah sebagai salah satu Amal usaha milik Pimpinan Pusat Muhammadiyah di bidang kesehatan yang seluruh kegiatan dan layanan di Rumah sakit PKU Muhammadiyah Gamping pada dasarnya, sudah memiliki dan memberikan layanan spiritual dengan Pendekatan Holistic Health Care (HHC). Layanan Holistic care yang sudah dilakukan oleh RS PKU Muhammadiyah Gamping adalah Asuhan Rohani Islam pada penderita nyeri dengan cara memberikan pengertian pada pasien terhadap cobaan nyeri untuk positive thinking dan ekspektasi pasien atas sikap sabar dalam menerima ujian “Nyeri”, memberikan contoh sholat ketika ada keterbatasan akibat “Nyeri”dan seberapa bias pasien melakukanya. Asuhan Rohani Islam pada penderita dengan tindakan operasi dengan cara menyiapkan mental pasien untuk melakukan proses operasi, membimbing ibadah pra dan pasca operasi, membimbing doa dan dzikir. Asuhan Rohani pada penderita tahap terminal dengan cara membimbing pasien berdo’a dan berdzikir agar berbaik sangka kepada Allah, mentalkinkan dengan kalimat laaillahaillallah.

   Manfaat dari penerapan Holistic health care bagi pasien adalah terpenuhinya tanggung jawab religius, pasien dapat menggunakan potensi dirinya secara efektif, terbangunnya dinamika hubungan interpersonal, dapat beraktualisasi diri dan meningkat eksitensinya, memperoleh kehidupan yang lebih sehat dan bermakna.(majelistabligh dan majelis pelayanan kesehatan Umum,2015)

Oleh karena itu semua layanan di Rumah Sakit diharapkan mampu memahami manusia sebagai mahluk bio-psiko-sosial-spiritual, serta mengubah cara pandang petugas rumah sakit terhadap pasien dan memposisikan pasien sebagai manusia utuh dan mulia.agar pelayan Holistic health care dapat terlaksana dengan baik dan dapat di terapkan dalam semua pelayanan rumah sakit.

Oleh :Eny hernani,S.Kep.Ns dan dr. Iman Permana, Ph.D

Penulis Mahasiswa dan Dosen magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta