MENGENAL JANTUNG ANDA


Jantung  merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Maka, Anda harus menjaga dengan baik organ vital ini, supaya kesehatan tubuh secara keseluruhan juga baik. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui, bahwa penyakit ini bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Gejala penyakit jantung tidak dapat didiagnosis dengan pasti oleh dokter.

Tak jarang, penyakit ini sering disebut sebagai “silent killer”, karena Anda tidak tahu kapan terjadi, apa rasa gejalanya, dan bahkan bisa terjadi begitu saja hingga fatal akibatnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara organ penting tubuh bekerja, apa saja jenis penyakitnya, dan bagaimana menjaga dan mencegah kondisi fatal ini terjadi. Mari simak pembahasan lengkap di bawah ini.

APA FUNGSI JANTUNG?

jantung merupakan organ tubuh yang bekerja dengan memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah.

Selain itu, organ tubuh penting ini juga bekerja untuk memasok oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya. Jantung juga berperan untuk menghilangkan racun karbon dioksida dan kotoran lainnya di dalam tubuh.

Jika organ vital pemasok darah ke seluruh tubuh Anda ini bermasalah ia tidak akan mampu memasok darah ke organ tubuh lainnya, maka jaringan tubuh akan ‘kelaparan’ dan akhirnya mati. Tentu hal ini menimbulkan dampak yang fatal bagi kesehatan.

APA SAJA JENIS PENYAKIT YANG BISA MENYERANG JANTUNG?

Sebenarnya, ada banyak penyakit yang bisa dialami jantung, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Penyakit jantung koroner adalah jenis penyakit jantung yang paling sering terjadi. Kondisi ini merupakan hasil dari penumpukan plak di dalam arteri, yang menghambat aliran darah  serta meningkatkan risiko komplikasi lainnya. Bentuk penyakit jantung lainnya meliputi:

  • Detak jantung berdebar tidak teratur (aritmia)
  • Cacat jantung bawaan
  • Otot jantung lemah (kardiomiopati)
  • Masalah katup jantung
  • Infeksi
  • Penyakit kardiovaskular

APA SAJA GEJALA YANG DIRASAKAN JIKA MENGALAMI PENYAKIT JANTUNG?

Gejala penyakit ini sebetulnya bervariasi, dan  tergantung pada kondisi tertentu. Misalnya, bila Anda memiliki aritmia, gejalanya antara lain:

  • Detak jantung berdebar cepat atau lambat
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Nyeri dada
  • Sesak napas

Gejala cacat jantung bawaan juga meliputi perubahan warna kulit, seperti warna kebiruan atau pucat. Anda juga dapat melihat pembengkakan kaki dan perut. Anda menjadi mudah lelah atau sesak napas sesaat setelah melakukan aktivitas fisik.

Jika Anda memiliki otot jantung yang lemah, aktivitas fisik dapat menyebabkan kelelahan dan sesak napas. Pusing dan pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki juga biasanya disertai kardiomiopati( otot jantung lemah).