MENJAGA KESEHATAN GINJAL


Ginjal berperan penting untuk menyaring racun dalam tubuh, oleh karena itu sangat penting untuk benar-benar menjaga organ ini supaya tidak keracunan.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal agar dapat bekerja dengan optimal.

 

  1. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

Penuhi kebutuhan air putih 6-8 gelas sehari, jika asupan cairan dalam tubuh cukup maka aliran ke ginjal juga akan baik. Jika terjadi penurunan aliran darah ke ginjal, maka dapat membuat perburukan fungsi ginjal.

  1. Olahraga Rutin

Cara menjaga kesehatan ginjal itu dapat dilakukan dengan olahraga secara teratur minimal 20 menit sehari. Kebiasaan ini akan membuat ginjal Anda akan tetap sehat, bekerja secara optimal, dan terhindar dari risiko penyakit ginjal.

  1. Mengatur pola makan

Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.  terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Pada akhirnya, hal ini dapat memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsi bagian ginjal. Terlalu banyak garam bisa membuat seseorang lebih cepat merasa haus dan juga kembung.

  1. Hindari terlalu banyak minum obat dan suplemen

Usahakanlah tidak mengonsumsi beberapa obat antibiotik dan antinyeri. Kedua obat ini berisiko dapat merusak ginjal.Selain itu, obat umum non-resep pil seperti ibuprofen dan naproxen (NSAID) dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi terlalu teratur selama jangka waktu yang lama. Waspada juga penggunaan  suplemen dan obat herbal. Konsumsi berlebihan beberapa ekstrak herbal dan suplemen vitamin tertentu dapat berbahaya bagi ginjal Anda.