TIPS PUASA SEBELUM TES DARAH


Jika memang Anda dianjurkan puasa sebelum tes darah, maka ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

Minum air putih

Biasanya, air putih tidak akan memengaruhi hasil tes darah tertentu. Jadi, umumnya Anda tetap boleh minum air putih seperti biasa meskipun harus puasa sebelum cek darah. Hal ini dilakukan supaya kebutuhan cairan Anda tetap terpenuhi.

Memang ada beberapa pemeriksaan darah yang mengharuskan Anda puasa minum juga. Maka itu, tanyakan dengan jelas pada dokter apa-apa saja yang harus dihindai atau dibatasi saat puasa sebelum tes darah.

Durasi puasa

Ketika Anda diminta untuk puasa, Anda akan berpikir lamanya seperti puasa di bulan ramadhan. Sebenarnya, hal ini kembali lagi pada jenis tes yang akan Anda lakukan.

Jadi, lagi-lagi Anda harus tanyakan pada dokter berapa lama Anda harus menahan makan dan minum. Jika diminta untuk puasa selama 12 jam, sementara Anda harus tes darah besok pukul 9 pagi, maka Anda mesti berhenti makan dan minum sejak pukul 9 malam.

Yang, penting sesuaikan dengan jadwal pemeriksaan darah yang akan Anda lakukan.

Obat-obatan

Tetap minum obat secara teratur ketika memang harus puasa. Kecuali, dokter menyarankan untuk memberhentikannya sejenak sebelum cek darah dilakukan.

Merokok

Merokok dapat memengaruhi hasil tes darah, maka itu Anda harus menghindari merokok selama puasa sebelum cek darah.( Sumber HelloSehat.com )