Hemodialisa

Terapi hemodialisa adalah suatu teknologi tinggi sebagai terapi pengganti untuk mengeluarkan sisa-sisa metabolisme atau racun tertentu dari peredaran darah manusia seperti air, natrium, kalium, hidrogen, urea, kreatinin, asam urat, dan zat-zat lain melalui membran semi permeabel sebagai pemisah darah dan cairan dialisat pada ginjal buatan dimana terjadi proses difusi, osmosis dan ultra filtrasi. Hemodialisa merupakan sebuah metode untuk membuang sisa-sisa metabolisme tubuh yang tidak terpakai dari dalam darah pada kondisi tertentu seperti penurunan fungsi ginjal hingga gagal ginjal akut maupun kronis.

Tujuan dari pengobatan hemodialisa antara lain :

  1. Menggantikan fungsi ginjal dalam fungsi ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh, seperti ureum, kreatinin, dan sisa metabolisme yang lain.
  2. Menggantikan fungsi ginjal dalam mengeluarkan cairan tubuh yang seharusnya dikeluarkan sebagai urin saat ginjal sehat.
  3. Meningkatkan kualitas hidup pasien yang menderita penurunan fungsi ginjal.
  4. Menggantikan fungsi ginjal sambil menunggu program pengobatan yang lain.

Frekuensi Hemodialisa, tergantung kepada banyaknya fungsi ginjal yang tersisa, tetapi sebagian besar penderita menjalani dialisa sebanyak 3 kali/ minggu. Program dialisa dikatakan berhasil jika:

  1. Penderita kembali menjalani hidup normal.
  2. Penderita kembali menjalani diet yang normal.
  3. Jumlah sel darah merah dapat ditoleransi.
  4. Tekanan darah normal.
  5. Tidak terdapat kerusakan saraf yang progresif

Dialisa bisa digunakan sebagai pengobatan jangka panjang untuk gagal ginjal kronis atau sebagai pengobatan sementara sebelum penderita menjalani pencangkokan ginjal. Pada gagal ginjal akut, dialisa dilakukan hanya selama beberapa hari atau beberapa minggu, sampai fungsi ginjal kembali normal.

Keunggulan unit Hemodialisa RS PKU Muhammadiyah Gamping:

  • Dengan kapasitas 24 tempat tidur kami siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda yang memerlukan cuci darah.
  • Mesin hemodialisa yang menggunakan sistem canggih, akurat, sangat terpercaya dan dapat diandalkan. Semua kegiatan hemodialisa Anda tercatat secara digital dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.
  • Penanggung jawab adalah dokter spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal Hipertensi yang berpengalaman dan profesional.
  • Dokter jaga dan perawat terlatih yang menjaga perawatan hemodialisa Anda.
  • Ruang Hemodialisa dilengkapi dengan TV, AC, dan ruang tunggu untuk keluarga.
  • Tersedia sarana penunjang : laboratorium, radiologi, farmasi, USG, Echocardiographi dll.
  • Tersedia pelayanan hemodialisa mesin terpisah bagi pasien dengan hepatitis B/C.
  • Pasien rawat inap ICU yang memerlukan hemodialisa menggunakan layanan Mobile Hemodialisa, sehingga pasien tidak perlu ke ruang Hemodialisa.