Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu

Pelayanan Jantung Terpadu Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, salah satu peralatan tersebut adalah Cath Lab. Alat ini berfungsi sebagai tindakan diagnostik dan intervensi bagi pasien jantung.

Pasien yang membutuhkan pelayanan katerisasi jantung, dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu melalui poliklinik jantung dimana pasien akan menjalani beberapa pemeriksaan dari dokter spesialis jantung. Pasien akan menjalani beberapa tahapan pemeriksaan atas rekomendasi dokter spesialis jantung, yang meliputi pemeriksaan vital sign, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, dan pemeriksaan radiologi. Pasien akan menjalani pemeriksaan Echo Cardiography (EEG) jika diperlukan. Tahapan selanjutnya, pasien akan menjalani Treadmil Stress Test untuk mendeteksi adanya penyumbatan karena kelainan jantung coroner. 

Setelah melalui berbagai tahapan pemeriksaan dan menjalani berbagai persiapan, pasien akan diantarkan ke Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu untuk mendapatkan katerisasi jantung. Katerisasi jantung berfungsi untuk melihat secara riil lokasi penyempitan dan atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung, baik pada sebelah kiri ataupun sebelah kanan. Jika didapatkan penyempitan lebih dari 75% maka akan dilakukan pemasangan ring pada tahap selanjutnya.